Irsyad, begitulah panggilan akrab Irsyad Al Ghifari. Pemuda kelahiran Tanggerang 3 Juli 1997, Merupakan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2015 di Institut Pertanian Bogor. Di usia yang masih muda ini, irsyad sudah melakukan banyak hal yang tidak semua pemuda melakukannya. Berbagai prestasi pernah Irsyad raih selama kuliah. Mulai dari menjadi Mahasiswa Inspiratif IPB University 2017, Mahasiswa Berprestasi Utama FEM IPB University 2018, The Most Inspirative Leader Nutrifood Leadership Award 2017, Duta IPB 2017 University, Presidium Nasional FoSSEI 2018-2019, hingga mengikuti Outstanding Youth For The World 2019.

Pada tahun 2017 Irsyad Al Ghifari terpilih menjadi Duta IPB,  sebagai seorang duta Irsyad memiliki tanggung jawab penuh untuk meningkatkan citra positif IPB dan tentunya untuk mengajak siswa-siswi SMA di seluruh Indonesia untuk berkuliah di IPB. Irsyad pun turut andil mensosialisasikan IPB kepada siswa-siswi SMA di berbagai daerah seperti di Kebumen, Lampung, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Irsyad Al Ghifari Juga Pernah menjabat sebagai Presidium Nasional FoSSEI 2018-2019, Sebuah Organisasi Mahasiswa Ekonomi Syariah terbesar di Indonesia dan Dunia. Anggotanya ada di 200 lebih Universitas di seluruh Indonesia Mulai dari Aceh sampai Maluku. Sebagai seorang pemimpin Irsyad selalu berusaha untuk merangkul anggotanya dan berusaha membangun kedekatan personalitas, hal ini membuat anggotanya dapat bersikap terbuka dan saling merasa terkait satu sama lain sehingga terciptanya loyalitas dalam organisasi. Banyak pencapaian yang luar biasa selama kepemimpinannya salah satunya FoSSEI menerima penghargaan kategori organisasi millennials ekonomi syariah pertama di Indonesia dan organisasi mahasiswa yang dinilai memiliki kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan ekonomi syariah Indonesia. “Kerja kerja kami bukan untuk penghargaan tapi untuk peradaban umat manusia….”(Irsyad Al Ghifari).

Nah pada tahun 2019 ini, Irsyad terpilih mengikuti  Outstanding Youth for The World (OYTW) sekaligus Indonesia-USA 70th Youth Ambassador. OYTW diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri sejak tahun 2011 dengan mengirimkan para pemuda pemudi Indonesia yang berprestasi ke luar negeri. Walaupun Irsyad sendiri tidak pernah terbesit sedikitpun untuk bisa berangkat ke Amerika Serikat, Baginya bertemu dengan 20 Mahasiswa berprestasi terbaik diseluruh Indonesia untuk bertukar pikiran dan menjalin relasi baru adalah tujuan utamanya.

Irsyad juga kerap kali menghadiri bahkan menjadi pembicara di sebuah konferensi didalam maupun luar negeri. Irsyad sudah menginjakkan kakinya di 7 Negara yaitu Malaysia, Singapura, Jepang, Jerman, Vietnam, Korea Selatan dan Amerika Serikat. Sebuah perjalanan yang menarik karena setiap destinasi mempunyai pengalaman dan pembelajan yang luar biasa.

Irsyad sangat menyukai dunia pendidikan dan organisasi. Cita- cita Irsyad Al Ghifari sangat menarik yaitu “Pas Meninggal yang datang banyak”, sebuah kiasan yang menunjukan bahwa Irsyad ingin menjadi sosok yang menginspirasi. Karena tujuan hidupnya bukan soal jabatan melainkan Perubahan, Sejarah dan Insipari. 3 prinsip dan tujuan hidup seorang Irsyad Al Ghifari yang akhirnya bisa membawanya berada dititik kesuksesan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *