Qaidi Azham Anwar Sinaga, pemuda kelahiran Sipare-pare, Sumatra Utara 22 November 1996 yang akrab disapa Chairul, Anwar atau Tumqoi. Chairul merupakan Mahasiswa Fakultas Idaariyah Maaliyah, Jurusan Manajemen dan Keuangan, Angkatan 2018 di LIPIA, Jakarta Selatan. Pemuda berusia 24 tahun ini sangat menyukai traveling dan membaca. Dari kegemaran membaca itulah, ia sering kali memenangkan lomba tingkat Nasional, antara lain pada tahun 2020 Chairul meraih Juara II Kompetisi Ekonomi Islam Mahasiswa Nasional oleh UNESA dan menjadi Juara Harapan II Lomba Olimpiade Ekonomi Syariah Nasional oleh Ses-C IPB 2020. Meskipun usianya dibilang cukup muda, pengetahuan dan pengalaman dalam Dakwah Ekonomi Syariah patut diacungi jempol, terbukti pada tahun yang sama Chairul mendapatkan Juara II Lomba Debat Tingkat Nasional oleh UNIDA Gontor.

                Untuk pengalaman organisasi tidak perlu diragukan lagi. Ia sudah menjadi siswa aktivis organisasi dari tahun 2013 sebagai Sekretaris Umum OSIS MATIQ Isy Karima dan juga beberapa organisasi lainnya yang ia ikuti. ketika berubah status menjadi mahasiswa ia menjabat sebagai Ketua Umum KSEI AkSES LIPIA 2019 dan Staf Bidang Keilmuan FoSSEI Jabodetabek 2019. Dikesibukkannya berorganisasi ia tetap berprestasi. Pada tahun 2019 Chairul mendapatkan Juara II Lomba Debat Tingkat Regional oleh FoSSEI Jabodetabek dan Juara II Olimpiade Ekonomi Islam Nasional ISFEST 2019 & 2020 di UNESA, Surabaya. Pemuda asal Solo ini tidak berhenti menebarkan dakwah Ekonomi Syariah di Kampusnya, seperti ketertarikannya dalam hal Sejarah, Peradaban Manusia, Leadership, dan Public Speaking, menjadikan ia sebagai Koordinator Regional FoSSEI Jabodetabek  Masa Amanah 2020/2021.

Disamping hobi traveling dan membaca, ia juga menyukai hobi dalam bidang menulis dan berimajinasi mencari inspirasi, tak heran pada tahun 2015 Chairul menjadi Juara Harapan II Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Kabupaten Karanganyar. Sesuai dengan Motto Hidunya “Manusia Mati Ketika Berkarya; Kata-Kata Adalah Kekuatan” sampai sekarang Chairul suka mengabadikan karya-karya tulisannya di blog pribadi (chairulsinaga.blogspot.com). Eitss, Chairul juga suka dalam hal diskusi santai bersama orang-orang terdekat, jalan-jalan, dan makan gratis. Tak salah, orang yang memiliki nama akun instagram @chairusinaga yang suka menghadapi tantangan baru, juga mengabadikan sejarah perjalanan hidupnya di akun media sosial.

”Perjalanan adalah cara kita untuk menyesapi kebesaran kasih sayang Sang Maha Pencipta, bertambahnya iman dan melihat langsung betapa dekatnya Dia bersama kita dalam setiap langkah yang mengayun perlahan” –Chairul Anwar 2018. Yaa, hal yang tak pernah terlupakan selama hidupnya adalah pengalaman merantau 2,5 tahun di pelosok Maninjau, Sumatra Barat. Terlepas dari itu ia mempunyai cita-cita dimasa depan yaitu ‘Menaklukkan’ dunia dan menulis cerita-cerita terbaik dari penjuru peradaban.

“Jadikan organisasi sebagai batu pijakan untuk meraih titik yang lebih tinggi. Gunakan untuk memperbanyak kenalan. Gunakan untuk menambah pengetahuan. Gunakan untuk memperluas sudut pandang. Agar dengan tujuan tersebut, timbul pula semangat yang sama untuk memajukan organisasi dan semakin banyak kebermanfaatan yang dapat kita upayakan bersama.” –Chairul Anwar 2020. Romantis, Idealis, dan Intelektual itulah 3 fakta unik dari pemuda yang penuh inspirasi ini bernama Qaidi Azham Anwar Sinaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *