KSEI LiSEnSi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Mahasiwa Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2017 telah menyelenggarakan Webinar Nasional bertemakan “Cash Wakaf Linked Sukuk: Pembangunan Nasional dan Kesejahteraan Umat”. Acara ini diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada hari Minggu, 5 Juli 2020.

Acara ini diisi oleh dua narasumber diantaranya Prof. Dr. Nurul Huda, S.E., M.M., M.Si. yang merupakan Pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) Divisi Pengelolaan dan Pemberdayaan Wakaf dan Dwi Irianti Hadiningdyah, S.H., M.A. yang merupakan  Direktur Pembiayaan Syariah-Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan RI serta keynote speech pada acaranya ini yaitu Prof. Dr. Euis Amalia, M.Ag. yang merupakan Pembina KSEI LiSEnSi dan Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Islam FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Materi yang disampaikan oleh kedua narasumber sangat menarik untuk dibahas. Pertama Prof. Dr. Nurul Huda, S.E., M.M., M.Si. selaku narasumber dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang membahas mengenai Esensi Sukuk dan Wakaf kemudian membahas mengenai Badan Wakaf Indonesia dan Cash Wakaf Link Sukuk. Peserta yang mengikuti webinar ini dapat mengetahui mengenai sukuk dan wakaf baik pengertiannya, dasar hukum dan juga fatwanya, tujuan dan manfaatnya, dan jenis-jenisnya. Selain itu, peserta juga dapat mengetahui mengenai Badan Wakaf Indonesia (BWI) dan juga Cash Wakaf Link Sukuk yang merupakan salah satu engine yang mengubah potensi wakaf menjadi manfaat yang mengalir abadi untuk kesejahteraan dan kemartabatan bangsa.

Selain narasumber dari BWI, terdapat narasumber dari Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan RI yaitu Dwi Irianti Hadiningdyah, S.H., M.A. yang membahas mengenai Penerbitan SBSN, Pembiayaan Proyek Melalui SBSN, dan juga Wakaf Produktif Melalui Sukuk Negara. Penjelasan yang diberikan sangat menarik sehingga peserta dapat mengetahui peran dari sukuk, total penerbitan sukuk, dan program inovasi sukuk negara. Selain itu peserta dapat mengetahui manfaat SBSN yang dapat menjadi alternatif investasi bagi masyarakat, dan juga manfaat adanya pengembangan sukuk wakaf (CWLS).

Output dari adanya webinar nasional ini yaitu diharapkan para peserta mendapatkan literasi mengenai sukuk dan wakaf dan memiliki ghirah untuk berwakaf sehingga di Indonesia dengan adanya Cash Wakaf Linked Sukuk ini dapat meningkatkan kesejahteraan umat dan juga meningkatkan pengembangan pasar keuangan syariah dalam industri wakaf uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *