Perkembangan Pasar Modal dan Pasar Modal Syariah di Indonesia menunjukkan prospek yang cukup menggembirakan, namun masih banyak masyarakat yang belum paham. Rendahnya tingkat literasi masyarakat terhadap pasar modal (data terakhir pada tahun 2013 menunjukkan sebanyak 93.79% masyarakat Indonesia masih awam terhadap pasar modal dan tingkat utilitas pasar modal bertengger di angka 0.11%) berimbas pada rendahnya supply & demand produk syariah di pasar modal. Maka dari itu, kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal menjadi suatu hal yang penting untuk dilaksanakan secara berkelanjutan.

Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) merupakan organisasi kemahasiswaan yang memfokuskan diri pada pengembangan Ekonomi Islam. Organisasi yang berdiri pada tanggal 13 Mei tahun 2000 ini merupakan suatu forum dakwah, ukhuwah dan ilmiah antar Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) di lingkungan internal dan eksternal kampus di seluruh wilayah Indonesia. Dipimpin oleh lima presidium nasional, FoSSEI berusaha membumikan ekonomi Islam di seluruh wilayah Indonesia melalui rajutan ukhuwah dalam dakwah bernuansa ilmiah.

FoSSEI berkomitmen untuk ikut terlibat secara langsung dalam pengembangan pasar modal syariah di Indonesia. Pada tahun 2015, FoSSEI telah menyelenggarakan Roadshow Pasar Modal Syariah di 15 titik di seluruh Indonesia. Tentunya banyak evaluasi yang telah dilakukan sebagai bentuk perbaikan dan pengembangan program ini.

Pada Roadshow Pasar Modal Syariah kali ini, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mendapat kehormatan karena menjadi tuan rumah pelaksanaan Roadshow Seminar Pasar Modal Syariah yang diharapkan menjadi langkah awal pengembangan pasar modal di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *