Sekali lagi, anggota Lingkar Studi Ekonomi Syariah (LiSEnSi) telah menorehkan namanya sebagai Juara. Wardatul Asyriya, perempuan yang akrab dipanggil dengan sebutan Warda ini telah mendapatkan Juara III bersama kedua rekannya dalam acara Kseivent di Universitas Riau pada November 2018 lalu.

Sedikit cerita, awal mula Warda mengikuti lomba ini karena ajakan dari kedua rekannya, karena konsentrasi jurusan Warda dianggap sesuai dengan tema lomba tersebut yaitu mengani ZISWAF. Kemudian setelah mengirim essay, diumumkan bahwa tim Warda lolos dalam lomba tersebut. Lomba ini merupakan lomba debat, sedikit informasi bahwa sebelumnya warda belum tahu jikalau lomba yang ia beserta timnya ikuti merupakan lomba debat, dan sontak membuat Warda sedikit terkejut setelah mengetahuinya, karena ia belum pernah mengikuti lomba debat sebelumnya.

Menjelang perlombaan debat tersebut, Warda dan Tim berusaha mencari materi mosi debatnya, memang tidak mudah, akan tetapi bisa dilewati dengan baik. Kendala yang datang sepanjang lomba ini sebagaian besar terdiri dari dua hal, yaitu Warda belum tahu medan (karena merupakan pertama kali baginya) dan kendala dana. Kendala pertama dapat diatasi dengan belajar dan tidak sungkan untuk bertanya kepada yang lebih tahu. Untuk kendala dana, seharusnya bisa mengajukan proposal, namun waktu tidak memadai untuk melakukannya. Meskipun sulit memang, tetapi semua itu berhasil dilalui.

Tibalah pada hari keberangkatan. Warda dan rekannya pergi menggunakan bus 2 hari 2 malam. Sepanjang perjalanan, lantunan doa turut menyertai. Sampai di sana malam hari, lalu paginya langsung mengikuti Seminar. Dengan materi yang mungkin masih pas-pasan mereka mengikuti lomba tersebut, sampai di hari kedua, dengan strategi yang dibuat sedemikian rupa, akhirnya dapat merebut Juara III. Sungguh rasa syukur menyertai hati. Dari lomba ini, Warda mendapat banyak hal, bukan hanya soal Juara, tetapi juga ilmu baru, tema baru, dan belajar sabar serta bersyukur. Ini mungkin menjadi ajang perlombaan debat pertama kali untuk Wardah, tetapi bukan berarti dapat mematahkan semangat untuk siap menjadi Juara!. (Aisyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *