“Ta’awun dalam Asuransi Umum Syariah: Asuransi Bukan Sekedar Proteksi”

Pada hari Jum’at, 21 Oktober 2022 Lembaga Semi Otonom KSEI LiSEnSi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah melaksanakan kegiatan Kajian LiSEnSi yang bertema “ Ta’awun dalam Asuransi Umum Syariah: Asuransi Bukan Sekedar Proteksi”, kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Kajian LiSEnSi kali ini adalah salah satu dari rangkaian kajian – kajian yang dilaksanakan oleh KSEI LiSEnSi sebagai sarana untuk mengupgrade wawasan, motivasi, serta semangat untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik dalam berbagai aspek terutama keilmuan para kader LiSEnSi kedepannya.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Syaiful Akbar mahasiswa FEB jurusan Ekonomi Pembangunan (2020) sebagai MC sekaligus Moderator pada kajian kali ini. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan – sambutan, yang pertama sambutan dari pihak Takaful Umum dan kemudian dari pihak  LiSEnSi yang diwakilkan oleh Zidane Akbar Wiguna mahasiswa FEB jurusan Ekonomi Syariah (2019).

Selanjutnya acara dilanjut dengan foto bersama dan kemudian Moderator memperkenalkan Narasumber dan mengundanganya untuk dapat memulai pemaparan materi. Pertama pemateri menjelaskan tentang alasan filosofi dan konsep dasar Ta’awun, beliau menjelaskan landasan dasar dari al-Qur’an terkait Ta’awun dan kemudian beliau juga membahas mengenai Ta’awun dalam konsep Asuransi Syariah, Fatwa – fatwa Asuransi Dunia, Indonesia, dan fatwa di berbagai negara di dunia. Dan diakhiri dengan Evaluasi model takaful di Dunia serta sesi tanya jawab.

Kemudian kegiatan Kajian ini diakhiri dengan pembacaan do’a dan ditutup oleh Syaiful Akbar selaku MC dan Moderator. Kegiatan ini selesai pada pukul 21: 00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *