KSEI LiSEnSi mengirimkan delegasinya dalam perlombaan Forum Riset Ekonomi Keuangan Syariah (FREKS) yang diselenggarakan oleh IAEI dan OJK, dimana FREKS ini merupakan ajang Riset Nasional yang diikuti oleh berbagai kalangan di Indonesia maupun warga Indonesia yang berkuliah di luar negri dengan mengusung 3 tema besar diantaranya ada Pasar Modal Syariah, Perbankan Syariah dan Keuangan Non-Bank Syariah. FREKS 2019 ini diikuti lebih dari 220 paper yang masuk, dan Alhamdulillah Tim dari KSEI LiSEnSi yang terdiri dari Muhammad Zaid Farhand (Eks/16), Putri Leli Nurjanah (Eks/17) dan Nur Cholis (Eks/18), lolos di sektor Pasar Modal Syariah. Sistem penilaian dalam FREKS adalah dengan menggunakan reviewers, dimana reviewers ini tidak mengetahui mereka mengoreksi paper kelompok siapa, jadi bisa dikatakan penilaian yang dilakukan Insya Allah objektif.

Dua minggu sebelum acara, yaitu pada awal bulan Oktober 2019, tim delegasi LiSEnSi menerima panggilan melalui teflon untuk melakukan presentasi dengan dibiayai penuh oleh OJK dan berangkat pada tanggal 13 Oktober 2019. “Kami mengakui bahwa ide dari paper kelompok kami yang mengangkat tema sukuk sudah bagus, namun yang disayangkan adalah isi dari paper kami yang kurang mendetail khusus nya mengenai skema sukuk itu sendiri yang masih sulit untuk kami pahami, jadi pada saat presentasi kami tidak maksimal” tutur Zaid.

Faktor yang mempengaruhi selain dari segala usaha yang telah dilakukan oleh tim delegasi LiSEnSi adalah pentingnya dukungan dari kalangan akademisi untuk pengadaan riset, pencarian data, pengoreksian, dlln. Zaid menambahkan “Pada intinya pembelajaran yang kami dapatkan itu segala sesuatu harus dijalankan dengan serius juga dibarengi dengan Doa dan Tawakal sm Allah SWT,  mungkin itu juga yang kurang kami lakukan kemarin”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *