JAKARTA, Lingkar Studi Ekonomi Syariah (LiSEnSi) dan Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis  (FEB) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta telah mengadakan acara Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS). Acara tersebut diadakan pada Selasa, 28 November 2017 di Teater Lantai 2 FEB UIN Jakarta dengan mengundang beberapa narasumber, yaitu Bapak Dr. Hasanudin, M.Ag., Derry Yustria Surya Dharma, S.E., M.B.A., dan Sutrisna Amijaya, S.E.I., M.M. Acara tersebut dilaksanakan dengan maksud meningkatkan minat mahasiswa untuk melakukan investasi syariah sejak muda.

Pasar modal adalah mekanisme transaksi jual-beli efek antara penjual dan pembeli. Dalam acara ini dijelaskan bahwa mahasiswa bisa menjadi investor walaupun masih muda. Jika seseorang melakukan investasi dalam properti, maka investor memiliki properti tersebut. Jika seseorang melakukan investasi melalui saham perusahaan, maka investor menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. Investor lokal belum sebanyak investor asing dalam melakukan investasi di Indonesia. Maka, acara SPMS ini menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keuntungan dari investasi syariah. Delapan langkah investasi di pasar modal, antara lain pahami tujuan investasi, kenali profil risiko, pelajari alternatif investasi, pahami tingkat risiko produk investasi, tentukan batas investasi, tentukan strategi investasi, manfaatkan jasa profesional, dan pertahankan tujuan investasi.

Investasi juga menjadi salah satu cara agar masyarakat mengurangi perilaku konsumtif dan mengubah mindset dari pembeli menjadi investor atau pemilik. Setiap orang atau keluarga memiliki masalah keuangan. Selain menyelesaikan masalah tersebut dengan istighfar, taqwa, dan ikhtiar, tetapi juga diselesaikan dengan menabung dan investasi. Ekonomi akan mengalami siklus naik-turun, maka setiap orang harus mampu melakukan manajemen keuangan dengan baik.

Tujuan dari investasi adalah memperoleh keuntungan. Namun, dalam pasar modal syariah maka kegiatannya harus sesuai dengan prinsip syariah dan melakukan transaksi yang halal. Dasar diperbolehkannya transaksi jual-beli efek secara syariah ada pada Standard AAOIFI (Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institution) No 21 dan Fatwa No. 80/DSN-MUI/VI/2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek. Prinsip dasar akad terbagi menjadi dua, yaitu natural certainty dimana fixed pre-determined dan berdasarkan cost-plus (margin) atau fee dan natural uncertainty dimana expected/indicative/uncertain/floating dan berdasarkan revenue atau profit sharing. Selain itu, dalam Fatwa No. 80/DSN-MUI/III/2011 dijelaskan bahwa transaksi saham dianggap sesuai syariah apabila hanya melakukan jual-beli saham syariah dan tidak melakukan transaksi yang dilarang secara syariah; saham yang sudah dibeli boleh ditransaksikan kembali meskipun settlement baru dilaksanakan pada T+3 sesuai prinsip Qabdh Hukmi; dan transaksi di Bursa Efek menggunakan akad Ba’i Al-musawamah.

Selain itu, pada acara ini juga dijelaskan mengenai MNC Trade Syariah.  Online trading syariah mudah sekali dipraktikkan dengan aplikasi trading syariah. Dengan keadaan sekarang, industri saham syariah tengah booming. Sistem yang disedikan oleh MNC Trade Syariah menyediakan kemudahan dan sesuai dengan syariah serta terdapat informasi yang jelas mengenai perusahaan. Nasabah hanya dapat melakukan transaksi beli atas saham-saham yang termasuk ke dalam list saham syariah. Sistem akan memberikan pemberitahuan bila saham yang ingin ditransaksikan tidak termasuk ke dalam list saham syariah. Sistem juga hanya dapat membli saham sesuai dengan ketersediaan dana. Sistem akan menolak dan memberikan pemberitahuan bila transaksi yang dilakukan melebihi dana yang dimiliki oleh nasabah pada RDN syariahnya.

Dalam melakukan investasi perlu berhati-hati karena ada yang disebut dengan risiko investasi. Untuk itu, masyarakat harus pintar dalam memilih perusahaan yang akan diberi investasi agar tidak menyesal. (Syania)

Untuk info pasar modal syariah bisa diakses di website BEI http://www.idx.co.id/id-id/beranda/produkdanlayanan/pasarsyariah.aspx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *