Olimpiade Ekonomi Islam

KSEI LiSEnSi telah mendelegasikan dua tim pada cabang lomba Olimpiade Ekonomi Islam dalam acara. Tim Sen’s 1 beranggotakan Rhafi Alamsyah mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah FEB angkatan 2019, Muhammad Zidni Ilman mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah FEB angkatan 2020, dan Muhammad Irfan Arroyan mahasiswa Perbankan Syariah FEB angkatan 2021.

Sedangkan Tim Sen’s 2 beranggotakan Hanifah Anandhita Ramadhonna mahasiswi Perbankan Syariah FEB angkatan 2019, Naili Nazhirah mahasiswi Ekonomi Syariah FEB angkatan 2021, dan Ibnu Dzakir mahasiswa Ekonomi Syariah FEB angkatan 2021. Perlombaan Olimpiade ini terdiri dari babak penyisihan, semi final, dan final. Adapun materi perlombaan yang diberikan mengenai perbankan syariah dan fintech, pasar modal syariah, pegadaian syariah, asuransi dan dana pensiun, koperasi dan BMT, dan ziswaf. Kegiatan ini diselenggarakan secara online dengan menggunakan aplikasi moodle dan zoom meeting.

Scientific Paper

Tim Nawasena yang beranggotakan Rachelyana Salsabila Rachmat (Ekonomi Syariah 2019), Indah Puji Amalia (Ekonomi Syariah 2019), dan Ahmad Rizqi Makinudin (Ekonomi Syariah 2019) melakukan pendaftaran lomba Scientific Paper TEMILREG 2022 pada tanggal 7 Mei 2022. Dengan memilih tema ZISWAF, Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang kami buat berjudul, “Pemberdayaan UMKM di DKI Jakarta: Studi Pendayagunaan Zakat Produktif di Yayasan Baitul Maal PLN”. Alasan kami mengangkat judul tersebut ialah karena mengingat besarnya potensi pengumpulan dana zakat yang dikelola oleh YBM PLN dan seiring juga dengan banyaknya program yang telah dilakukan oleh YBM PLN terkait pemberdayaan masyarakat khususnya di kalangan UMKM. Sehingga penelitian yang kami lakukan disini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penyaluran dana zakat produktif terhadap tingkat pendapatan para mustahik YBM PLN di wilayah DKI Jakarta. Selama menggagas KTI ini, tim kami tentunya berkoordinasi juga dengan lembaga YBM PLN dalam mengambil data dan berdiskusi terkait kendala ataupun potensi yang ada dalam pemanfaatan zakat produktifnya. Meski keterbatasan waktu menjadi salah satu hambatan kami dalam proses pengerjaan KTI, namun akhirnya kami dapat menyelesaikan penelitian ini tepat waktu dan mengumpulkannya pada tanggal 14 Mei 2022.

Business Plan

Pada lomba Business Plan, KSEI LiSEnSi mengirim 2 tim delegasi yaitu Tim Pengubah Suara dan SeRaTa Team. Kedua tim tersebut melakukan pendaftaran TEMILREG 2022 pada tanggal 7 Mei 2022.

Pertama, yaitu Team Pengubah Suara. Team ini beranggotakan Idrus Mahasiswa FEB jurusan Perbankan Syariah 2019, Ramzy Arianka Hafizh Mahasiswa FEB jurusan Ekonomi Syariah 2020, dan Ghaitsa Zahira Ardelia Putri Mahasiswi FEB jurusan Ekonomi Syariah 2021. Team Pengubah Suara membawakan ide bisnis yaitu Markas. Markas merupakan singkatan dari Kamar Koperasi Syariah, dimana bisnis ini berbasis syariah berupa aplikasi dengan beberapa fitur. Diantaranya terdapat fitur Kamar Penjualan, menyediakan wadah untuk para UMKM terhubung antara konsumen dengan para pelaku bisnis, kemudian mampu menyediakan fitur pembayaran COD. Kemudian, fitur Kamar Pinjam Meminjam membantu para umkm dalam bidang permodalan, banyak UMKM berjiwa entrepreneur tinggi namun tidak bisa merealisasikan usaha karena kekurangan modal dan berakhir sebagai pengangguran bahkan menjadi seorang penjahat. Dengan fitur ini peminjam mendapatkan modal dengan mudah, dimana limit pinjaman sesuai dengan cara ajakan ke aplikasi. Kemudian, fitur Kamar Pembelajaran, yang pasti tujuan ini untuk meningkatkan pengetahuan mengenai ilmu koperasi syariah yang sesuai dengan syariat. Selain itu, ada fitur Kamar Refreshing, disinilah fitur ini menyajikan beberapa fitur hiburan para pebisnis dan juga para konsumen game diantaranya ada uno syariah, tebak gambar dan teka teki, dalam fitur ini jika menang para pebisnis, maka dapat sebuah tambahan modal, dan jika yang menang para konsumen maka akan dapat diskon/Potongan belanja, dan terakhir adanya Kamar Konsultasi/Komplain. Fitur ini berfungsi untuk menampung semua aspirasi konsumen, maupun para member. Aplikasi ini juga akan didesain dengan fitur yang mudah sehingga para petani anggota koperasi maupun masyarakat umum dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini.  Dengan aplikasi ini, Lalu, pada tanggal 15 Mei 2022 adalah timeline pengumuman lolos BMC, Alhamdulillah 2 tim delegasi KSEI LiSEnSi lolos pada tahap BMC dan berhak melanjutkan pada tahap semifinal.

Kedua, yaitu SeRaTa Team. SeRaTa Team beranggotakan Selvi Maulida Sulisetiawati Mahasiswi FEB jurusan Ekonomi Syariah 2019, Qonaitah Azmah Syahidah Mahasiswi FEB jurusan Ekonomi Pembangunan 2020, dan Resha Hidayatullah Mahasiswa FEB jurusan Ekonomi Syariah 2020. SeRaTa Team membawakan ide bisnis mengenai Koperasi Agribisnis. Koperasi Agribisnis merupakan koperasi yang bentuk kegiatannya adalah menyediakan faktor produksi seperti pupuk, urea, benih dan lainya bagi para anggota koperasi ataupun petani lainya juga menjadi tempat pemasaran atau distribusi hasil tani dari para anggota koperasi. Koperasi Agribisnis ini koperasi yang berbasis aplikasi digital sehingga memiliki value lebih cepat dan mudah diakses dibandingkan dengan koperasi yang tidak menyediakan aplikasi digital. Aplikasi ini juga akan didesain dengan fitur yang mudah sehingga para petani anggota koperasi maupun masyarakat umum dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini.  Dengan aplikasi ini, Lalu, pada tanggal 15  Mei 2022 adalah timeline pengumuman lolos BMC, Alhamdulillah 2 tim delegasi KSEI LiSEnSi lolos pada tahap BMC dan berhak melanjutkan pada tahap semifinal. Hasilnya tim SsRaTa mendapat predikat Juara Harapan 3 pada perlombaan TEMILREG 2022.

Video Creative

Pada tanggal 07 Mei 2022, KSEI LiSEnSi telah mengirim dua delegasi pada cabang lomba Creative Video SEASON 18 X TEMILREG 2022. Abinawa Team merupakan delegasi pertama yang telah melakukan pendaftaran Season 18 X TEMILREG dengan membawakan tema kegiatan Penguatan Ekosistem Lembaga Keuangan Syariah dalam Implementasi Keuangan Berkelanjutan Guna Pemulihan Ekonomi Nasional. Abinawa Team beranggotakan Hilmatul Fuadiyah Mahasiswi FEB Jurusan Ekonomi Syariah 2019, Muhammad Rizaludin AS Mahasiswa FEB Jurusan Ekonomi Syariah 2019, dan Dhiene Ghalyanisa Mahasiswa FEB Jurusan Ekonomi Syariah 2020. Dari tema tersebut, lembaga keuangan Syariah yang dimaksud adalah Asuransi Syariah. Dalam video tersebut, dijelaskan pengertian asuransi syariah, cara kerjanya, perbedaan antara asuransi syariah dengan konvensional, manfaat asuransi syariah, serta dijelaskan bagaimana perkembangan asuransi syariah di Indonesia. Perkembangan asuransi syariah  di Indonesia dalam lima tahun terakhir pun menunjukkan tren peningkatan dari sisi aset dan memberikan kontribusi terhadap Perekonomian Nasional.

Tim kedua, Second sensier melakukan pendaftaran video kreatif pada tanggal 7 mei 2022 yang berjudul Diam berinvestasi, bergerak membangun negeri yang beranggota M. Rizki  Ardiansyah mahasiswa FEB jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2019, Diyan Indriyani mahasiswi FEB jurusan Perbankan Syariah angkatan 2019 dan Salwa Nabila mahasiswi FEB jurusan Akuntansi angkatan 2020. Diam berinvestasi, bergerak membangun negeri menceritakan tentang seseorang yang tergiur dengan investasi yg mendapatkan penghasilan yg banyak di usia muda, tetapi temannya sudah memberi saran kepadanya harus berhati2 dengan investasi itu tetapi tidak mendengar saran dari temannya. Dan akhirnya dya mendaftarkan diri di investasi itu tetapi ternyata, itu adalah investasi bodong, dya mendapatkan kerugian yg banyak dan menyesal tidak mendengarkan saran dari temannya itu.

Poster

Tepat pada hari Sabtu tanggal 7 Mei 2022, dua delegasi KSEI LiSEnSi mendaftarkan diri pada cabang lomba Creative Poster SEASON 18 X TEMILREG 2022.

Delegasi pertama datang dari mahasiswa program studi Ekonomi Syariah angkatan 2020, Nadya Rahmalina yang memilih sub tema yakni mengenai Pasar Modal Syariah dengan judul poster “Lapis-Lapis Keberkahan Investasi Sukuk Ritel”. Dalam karyanya tersebut digambarkan mengenai apa saja hal-hal yang menjadi keuntungan (keberkahan) yang akan didapatkan ketika berinvestasi di salah satu instrumen pasar modal syariah yakni, sukuk ritel untuk mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) penjelasan mengenai point-point keuntungan investasi sukuk ritel tersebut pun digambarkan dengan simbol dan warna yang sesuai dengan filosofi ulasan.

Sampai akhirnya dari proses yang cukup panjang tersebut, pada Senin, 16 Mei 2022 pihak panitia mengumumkan sepuluh peserta terbaik hasil penilaian dewan juri yang akan melanjutkan ke tahap penilaian berikutnya yaitu perhitungan like pada postingan poster di Instagram. Dan Alhamdulillah KSEI LiSEnSi berhasil mengirimkan delegasi pertama pada tahap selanjutnya. Hasilnya Nadya  Rahmalina berhasil meraih juara 1 pada cabang perlombaan creative poster TEMILREG Jabodetabek 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *