Temilnas (Temu Ilmiah Nasional) merupakan agenda tahunan FoSSEI di tingkat nasional sebagai ajang silaturahmi antar KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) se-Indonesia. Acara Temilnas ini juga sebagai uji kompetensi pengetahuan ekonomi Islam seluruh kader FoSSEI Nasional.

Pada kesempatan tahun ini, Temilnas diselenggarakan oleh KSEI FKEI (Forum Kajian Ekonomi Islam) Universitas Islam Indonesia Jogja. Acara yang diselenggarakan     secara offline ini bernama Temu Ilmiah Nasional XXI 2022 bertemakan “Penguatan Ekosistem Lembaga Keuangan Syariah dalam Implementasi Keuangan Berkelanjutan Guna Pemulihan Ekonomi Nasional.

KSEI LiSEnSi telah mendelegasikan dua tim pada cabang lomba Olimpiade Ekonomi Islam dalam acara Temu Ilmiah Nasional 2022. Tim Sen’s 1 beranggotakan Eka Nuriawati mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah FEB angkatan 2019, Muhammad Zidni Ilman mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah FEB angkatan 2020, dan Syaiful Akbar mahasiswa Ekonomi Pembangunan FEB angkatan 2020.

Sedangkan Tim Sen’s 2 beranggotakan Hanifah Anandhita Ramadhonna mahasiswa Perbankan Syariah FEB angkatan 2019, Shindy Sheptianingsih mahasiswa Ekonomi Syariah FEB angkatan 2020, dan Muhammad Irfan Aroyyan mahasiswa Perbankan Syariah FEB angkatan 2021. Hasilnya Kedua tim KSEI LiSEnSi berhasil masuk ke semifinal dan Tim Sen’s 1 memperoleh Juara 2 Olimpiade Ekonomi Islam Temilnas XXI 2022.

Tim Nawasena yang beranggotakan Intan Fatikhasari (Ekonomi Syariah 2019), Aida Wirdaini Ma’ruf (Ekonomi Syariah 2019), dan Ahmad Zaki Haqiqi (Ekonomi Syariah 2020) melakukan pendaftaran lomba Scientific Paper Temilnas XXI 2022 pada tanggal 5 Juni 2022. Dengan memilih tema ZISWAF, Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang kami buat berjudul, “Zakat Payroll Mechanism: The Proffessional zakat study at YBM PLN”.

Pada lomba Business Plan, KSEI LiSEnSi mengirim 1 tim delegasi yaitu DaRaRi Team. Tim tersebut melakukan pendaftaran Temilnas 2022 pada tanggal 5 Juni 2022 dengan mengumpulkan Bisnis Model Canvas terlebih dahulu. Team ini beranggotakan Intan Nurindah Cahyani Mahasiswa FEB jurusan Ekonomi Pembanunan 2020, Novel Diva Aulia Mahasiswa FEB jurusan Ekonomi Pembangunan 2020, dan Ravi Rachmat Hidayat Mahasiswi FEB jurusan Ekonomi Syariah 2020. Team DaRaRi membawakan ide bisnis yaitu BMT An-Najah Syahida. Alhamdulillah tim delegasi KSEI LiSEnSi lolos pada tahap BMC dan lanjut ke tahap semifinal di Jogja yang berangkat pada tanggal 30 Juni 2022.

Kegiatan ini menjadi salah satu bukti konkret dalam membangun keilmuan dan kepercayaan masyarakat terhadap pengembangan ilmu dan praktik ekonomi Islam, dan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi maupun kesadaran masyarakat terhadap perkembangan ekonomi Islam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *